Heritage Railway Tour |
Naik
kereta api, tut...tut...tut...
Siapa
hendak turut
Ke
Bandung...Surabaya
Bolehlah
naik dengan percuma
Ayo
kawanku lekas naik
Keretaku
tak berhenti lama
Siapa
tidak kenal lagu ini?
Lagu
ciptaan Saridjah Niung Bintang Soedibio, atau lebih dikenal
sebagai Ibu Soed ini memberikan pengetahuan tentang naik kereta api.
Tentu saja, naik kereta
api yang benar adalah membayar karcis kereta api, dong.
Tahukah
pembaca, bahwa kereta api di Indonesia sudah ada sejak jaman Belanda?
Rel
kereta api pertama dibangun di kota Semarang, Jawa Tengah, yaitu menghubungkan
stasiun Samarang NIS sampai dengan desa Tanggung, sepanjang 26 km
Peresmian
pembangunannya dilakukan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Mr. LAJ Baron
Sloet van den Beele pada hari Jumat 17 Juni 1864.
Dari
sinilah sistem perkeretaanapian di Indonesia mulai dicanangkan.
Pembangunan
jalur kereta api pertama ini dilakukan oleh perusahaan swasta Naamlooze
Venootschap Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NV NISM), dibawah
pimpinan Ir JP de Bordes.
Peta Jalur Kereta Api Pertama Semarang - Tanggung (1864) |
Dilanjutkan
dengan perkembangnya perusahaan-perusahaan swasta perkeretaapian lain yang
membangun jalur kereta api berikut stasiun dan perkantoran di pulau Jawa,
Sumatra dan Sulawesi.
Berbeda
dengan yang berjalan sekarang, penyelenggara perkeretaapian Indonesia hanya
dilakukan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero).
Jalur-jalur
tersebut sebagian besar masih berfungsi, tetapi ada pula yang tinggal kenangan,
hanya menyisakan stasiun tua dan jalur lapuk.
PT.
Kereta Api Indonesia (Persero) melalui Unit Pelestarian dan Desain Arsitektur, sejak
beberapa tahun terakhir ini berinisiatif memugar dan membuka kembali
jalur-jalur keretaapi yang memiliki sejarah.
Kegiatan
membuka jalur bersejarah tersebut dalam bentuk tour wisata bersejarah yang
bernama Heritage Railway Tour, yaitu berwisata naik kereta api dengan jalur
khusus sambil berkunjung ke obyek-obyek yang dilestarikan.
Tujuan
diadakannya wisata ini adalah untuk memperkenalkan kepada masyarakat
jalur-jalur
Kereta
api yang dibangun Belanda. Pemandangan indah serta potensi-potensi alam yang
dilalui
jalur
kereta api tersebut. Kemudian juga meninjau stasiun-stasiun kereta api lama
yang dilestarikan
oleh
PT. KAI.
Ada
beberapa seri Heritage Railway Tour ini, yaitu:
·
Napak Tilas Jalur Semarang Tanggung
·
Napak Tilas Jalur Kereta Api di Batavia
·
Napak Tilas Jalur Bogor – Sukabumi – Cianjur
·
Napak Tilas Jalur Kalibaru – Mrawan – Garahan
·
Napak Tilas Jalur Tuntang – Ambarawa – Jambu – Bedono
Tentu saja ada biaya khusus (by order) untuk ikut
dalam tour ini.
Nah,
menarik bukan?
Apalagi
kegiatan tersebut akan dipandu oleh pihak yang berkaitan dari PT. Kereta Api
Indonesia (Persero).
7 Komentar
Saya suka ngikutin sejarah perkeretaapian di Indonesia. Pernah ke Museum Kereta Ambarawa, tapi belum sempat ikut tur napak tilas kereta upanya. Pernahnya baru naik kereta uap Jaladara di Solo. Seru juga ternyata
BalasHapuswaaah...pengen naik kereta uap Jaladara. Tapi...katanya harus pesan yah. Belum pernah ke Museum Ambarawa nih. Pengen juga. Trims ya udh berkunjung ke blog aku...
HapusJalan-jalan naik kereta api sekarang lebih nyaman juga.. Pengen nyoba itu napak tilas dari jalur Batavia, kayaknya panjang itu rute.. pasti seruu..
BalasHapusKemarin saya napak tilas yg Bogor-Sukabumi-Cianjur. Seru juga. Sayang kurang lama. Habis jadwalnya ikut jadwal kereta api sih. Yaa harus tepat waktu deh. Btw...makasih yah udh berkunjung...
HapusAku paling suka naik kereta apai.... Btw di cepu di daerahku ada kaya semacam kerwta api tua... Jaman dlu dipake ngangkut kayu perhutani dan minyak gas pertamina.... Skrg cm jd umbrukan kereta tua tak terurus.. Sedihhhh
BalasHapusWaah sayang yah. Kata bapak dr PT.KAI yg nemenin kami wisata, kereta tua yg bahan bakarnya kayu rada repot. Apalagi kayunya kudu kayu jati. Jd mahal kalo mau dioperasikan. Hmm...bisa ga ya...energinya matahari (biar ga beli solar) tapi bentuk keretanya jadul gitu.
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusTerimakasih telah berkunjung ke blog ini. Silakan tinggalkan komen.
Mohon maaf link hidup akan dihapus ya...