5 Kota Destinasi Impian

Machu Picchu


Kali ini akan mengangkat tempat-tempat indah yang ingin saya kunjungi sebelum tua amat. Berhubung saya dulu kuliah di program studi Teknik Arsitekur, maka kota-kota yang ingin saya kunjungi ya pastinya ada kaitan dengan peradaban, kota dan arsitekturnya.

Masih banyak sebetulnya kota-kota di Indonesia yang belum saya kunjungi.

Tetapi kali ini saya akan bermimpi mengunjungi kota-kota di luar Indonesia. Sepertinya kalau di Indonesia, karena ya di Indonesia dan masih dekat, masih bisa saya datangi tanpa banyak kesulitan. Kalau kota-kota di luar Indonesia kan, selain dana, saya perlu teman, perlu visa, ijin kantor, belum dress code sesuai musim bila saya datang pas musim dingin.

Siapa tahu saya ada umur dan dana sehingga bisa mengunjungi kota-kota destinasi impian tadi.

Saya mulai dari yang paling jauh dulu ya...


MACHU PICCHU

Machu Picchu adalah benteng suku Inca letaknya di pegunungan Andes di lembah sungai Urubamba di Peru. Menurut sejarahnya dibangun abad ke 15 kemudian ditinggalkan.

Sejak tahun 1983 dinyatakan sebagai UNESCO World Heritage Site.

Entah saya bisa atau tidak ke sana. Tidak terbayang untuk mencapai ke lokasi yang terletak 2.430 m di atas permukaan laut itu. Kalau harus naik menapaki jalan setapak, sepertinya saya tidak sanggup. Mungkin ada helikopter ke sana?

Herannya, dulunya, suku Inca membangun kota di atas gunung terdiri dari susunan batu tanpa semen gimana caranya ya? Kan belum ada teknologi canggih.


BARCELONA


Barcelona


Tempat impian kedua yang ingin saya kunjungi adalah Barcelona. Terutamanya saya ingin mengunjungi bangunan-bangunan karya arsitek Antonio Gaudi.

Yang terkenal adalah The Basílica i Temple Expiatori de la Sagrada Família, sebuah gereja luar biasa besar bergaya Katolik Roma dan Art Nouveau, yang sampai saat ini pun belum selesai pembangunannya.

Gereja ini mulai dibangun 1882, bayangkan belum selesai sampai hari gini.

Uniknya masterplan kota Barcelona direncanakan menyesuaikan dengan gereja Sagrada Familia. Jadi Sagrada Familia merupakan pusat dari kota Barcelona.


DUBAI


Dubai


Dubai terkenal dengan berbagai bangunan tinggi. Setelah Buj Al Arab, bangunan tinggi di tepii pantai yang bentuknya lucu ada lengkungnya, maka dibangun sesudahnya Burj Khalifa.

Sekarang merupakan bangunan tertinggi di dunia, setinggi 829.8 m, yang terdiri dari 163 lantai.

Mulai dibanguan tahun 2004, dan menjadi satu kesatuan dengan fungsi lainnya.


BUKHARA


Bukhara


Ini dia kota yang paling saya impikan untuk dikunjungi. Ya iyalah, kota kelahiran pencatat hadis terkenal, Imam Buhari.

Bukhara merupakan kota tua di Asia Tengah di Republik Uzbekistan. Merupakan kota yang dilalui zaman perdagangan dari Barat ke Timur yang terkenal dengan sebutan Jalur Sutera (Silk Road).

Waktu itu merupakan pusat peradaban teologi dan budaya Islam, dan bangunan-bangunan abad 9 hingga 17 berupa ratusan masjid, madrasah, pasar dan tempat peristirahatan masih dapat kita jumpai.

Tuh, kan apanya ga kepingin datang ke sana.


SEOUL


Seoul

Seoul merupakan kota yang kapan-kapan ingin saya kunjungi juga. Katanya sih, biaya hidup tinggi sehingga barang-barang mahal disini.

Saya tertarik dengan Korea bukan hanya terkenal dengan musik K Pop atau drakornya, tetapi arsitekturnya bisa melestarikan arsitektur tradisional dan juga terbuka dengan arsitektur masa kini bergaya Neo Modern atau Dekonstruksi.

Ada beberapa arsitek dunia yang karya-karyanya terbangun di Seoul.

Nah, destinasi impian mana lagi yang kalian inginkan?

Namanya juga mimpi...boleh koq. Gratis!

Posting Komentar

0 Komentar