Mengenali Makanan Khas Korea


Pesatnya perkembangan trend korea di seluruh dunia menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang juga terkena dampaknya. Selain serial drama dan juga musiknya yang menjadi sorotan public, hal ini juga berdampak pada makanan khas Korea yang kini banyak diicar banyak orang, apa sajakah itu? Berikut beberapa di antaranya.





1 - Kimchi





Memiliki cita rasa yang pedas dan asam, makanan ini umumnya terbuat dari sawi putih atau lobak yang difermentasi bersama bumbu lainnya. Bumbu yang biasa digunakan pun di antaranya adalah cabe, jahe, bawang bombay, bawang putih, pasta udang dan saus ikan. Kimchi sendiri biasanya dibuat dalam skala besar besar mengingat makanan tersebut mampu bertahan lama jika disimpan dengan baik.





2 - Kimbap





Sekilas makanan ini hampir mirip dengan Sushi Roll asal jepang, sama-sama terbuat dari nasi yang digulung dengan isian berupa daging, telur, ikan, dan sayuran, tidak lupa juga dengan rumput laut kering yang menyelimuti gulungan nasinya. Makanan ini biasanya dipotong menjadi 6-8 bagian untuk satu kali makan.





3 - Bibimbap





Bibimbap adalah nasi campur ala Korea yang terbuat dari nasi putih dengan aneka macam lauk dan sayuran yang diberi saus sambal. Umumnya makanan ini disajikan di dalam mangkuk dengan lauk yang disusun sedemikian rupa agar terlihat menarik, tidak jarang juga menggunakan mangkuk panas seperti hot plate dengan kuning telur setengah matang di tengahnya, kemudian baru diaduk-aduk saat akan dimakan.





4 - Jjajangmyeon





Salah satu hidangan korea yang terkenal lainnya ialah jjajangmyeon, makanan ini terbuat dari mie yang dicampur dengan saus kedelai hitam kental, sayuran, serta potongan daging sapi atau babi. Sekilas mirip dengan mie ayam yang ada di Indonesia, mie ini juga dibuat besar-besar dengan saus yang terbuat dari pasta kedelai hitam.





5 - Bulgogi





Bulgogi ialah makanan khas Korea Selatan yang terbuat dari lembaran daging sapi yang diiris tipis lalu dimasak dengan cara ditumis atau dipanggang dalam pan, sebelum dimasak lembaran daging ini biasanya dimarinasi terlebih dahulu dengan campuran kecap, gula, minyak wijen, bawang putih, lada dan bumbu lainnya agar lebih lezat serta bertekstur lembut.





6 - Tteokbokki





terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan bumbu gochujang, makanan ini memiliki bentuk yang panjang seperti sosis dengan tekstur kenyal serta cita rasa yang manis dan pedas. Kue tepung beras ini bisa disajikan dengan ramen atau lembaran odeng dan keju.





7 - Ramyeon





Ramyeon atau ramen adalah mie instan versi korea yang biasanya disajikan dengan pancinya langsung lalu dimakan dengan tutupnya, mie instan di korea umumnya bercita rasa pedas dengan kuah yang lebih kental dan mie yang besar.


Posting Komentar

0 Komentar