Explore Logeweg



Bandung kaya dengan bangunan-bangunan lama yang beberapa diantaranya sudah mendapatkan plakat sebagai bangunan yang dilestarikan. Kriteria bangunan yang dilestarikan tentunya harus ditelaah dari berbagai sisi, apakah sebagai bangunan bersejarah ataupun bangunan yang unik. Sebagai bangunan bersejarah pun bisa dilihat karena adanya peristiwa bersejarah yang berkaitan dengan perjuangan kemerdekaan. Atau sejarahnya ditinjau dari sejarah perkembangan arsitektur yang mempunyai style atau gaya bangunan tertentu.

Event Explore Logeweg merupakan event ketiga dari Historical Trips. Event pertama adalah Explore Yogyakarta dan event kedua adalah Explore Villa Isola & Museum Pendidikan Nasional UPI. 
Logeweg, berarti jalan Loji. Dulunya di zaman pemerintahan Hindia Belanda, terdapat gudang atau loji yang berfungsi sebagai gudang garam. Sekarang Logeweg adalah jalan Wastukencana.

Waktu itu hari Sabtu tanggal 19 Agustus 2017, saya mengikuti event ketiga Historical Trips ini. Event kali ini diikuti oleh 27 orang peserta dengan asal, usia dan profesi yang beragam-ragam. Rute event hari ini adalah mulai dari Center Point dan berakhir di Balai Kota. Selain mendengarkan penjelasan dari luar gedung, para peserta pun berkesempatan untuk mengunjungi beberapa bangunan yang merupakan bangunan cagar budaya kota Bandung menurut Perda Kota Bandung no. 19 Tahun 2009.

Bank BJB





Gereja Bethel





SMK Negeri 1






Masjid Al Ukhuwah






BMC





Di titik akhir yakni di Balai Kota, peserta bersantap siang bersama setelah sebelumnya menikmati susu murni yang dihasilkan oleh pusat pengolahan susu satu-satunya pada masa Hindia Belanda.
Di akhir acara, tak lupa diadakan kuis yang tentunya berhadiah barang-barang menarik. Terdapat hadiah berupa buku, komik, novel dan voucher bermain untuk 7 orang yang beruntung.

Begitulah perjalanan saya bergabung dalam walking tour ala Historical Trips ini.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Bolak-balik ke Jalan Braga, kayaknya nggak pernah lihat Gardu yang cagar budaya itu. Kapan-kapan kalau ke Braga bener-bener harus blusukan untuk melihat tempat-tempat unik seperti itu.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Silakan tinggalkan komen.
Mohon maaf link hidup akan dihapus ya...