surat untuk Wina

Winaaaaa,
Yaaaah, kamu berangkat duluan toh.
Waktu aku nengok kamu ke RSCM, 27 November 2010 itu, aku koq risau.
Aku genggam tanganmu, kamu mau dengerin obrolan Ibet dan teman2 lain.
Kamu ngeluh kakimu terasa dingin, lalu dipakaikan kaos kaki, lalu kamu terasa panas.
Aku bantuin lepas kaos kakinya. Kakimu dingiiiiiiiiiin sekali, seperti es.
Aku takut, inget Papah.
Aku inget banget, Senin aku nengok ke RSPAD, aku pegang kakinya juga dingiiiiiiiin.
Lalu aku pulang ke Bandung. Eh, Selasa malem aku harus balik lagi ke Jakarta, karena beliau berangkat.
Tapi aku kan ga berani bilang ke siapa-siapa.

Rasanya baru kemarin, aku main ke rumah Uwo di Kayu Agung.
Waktu itu kira2 September 1985, kayaknya ada selametan kamu & Uwo deh.
Soalnya kamu pakai jarik. Aku lupa koq bisa2nya aku juga dateng.
Aku bawa Widi. Waktu itu bayi laaaah, yaaa 9 bulan. Kamu seneeeng banget.
Lalu mangku Widi. Sampai kamu di-ile'ke Ibu nya Uwo. Koq mempelai perempuannya mangku bayi sih. Apalagi waktu itu tamu2 mulai dateng.
He2.....
Rasanya baru kemarin, aku lagi2 main ke rumah Uwo.
Kamu baru dateng dari Jepang. Anak2mu lucu2 gendut, pencilakan nggak mau mandi.
Kamu marah2in & ngomel. Lucunya, kamu ngomel2 dalam bahasa Jepang.
M.Didit sampai ter-pingkal2.

Kata m.Didit juga, rasanya baru kemarin yaaa mereka main ke rumah bawa Brian.
Iya kapan itu yaaa, Brian mah masih lincah.
Nggak kayak kemarin, waktu aku ke rumah mu, Brian nglentruk, ga mau makan.
Bahkan barking aja enggak. Padahal kan banyak tamu.

Sorry yaaa .... ga keburu sampai ke rumahmu pagi2.
Aku terlambat buka HP. Coba rumahku dekat. Aku dah sampai pagi2 kali.
Aku berani lhooooo memandikan.
Aku berangkat sama Ita. Gilaaa bener, kita berdua tuh nekat.
Demi kamu tuh. Taelaaaah.
Ga tahu jalan, ga bawa peta, boro2 punya HP ber GPS.
Aku sms an sama Monique, Ncung, Ferdy untuk tanya keluarnya tol mana ?
Jam 11.30 kami masih di Krawang tuh.
Wah, ga akan mungkin kalau ke Bangau dulu.
Yaaa udah diputuskan ke Jeruk Purut aja.
Ternyata kami kebablasan turunnya sampai Pondok Indah.
Waktu cari puteran U-turn, sampai Citos udah jam 12.45.
Kata Diani, kamu hampir sampai.
Diani sengaja khusus dateng. Dari kantornya naik ojek.
Win, terimakasih yaaa, kamu udah sayang sama Diani.
Inget gak, waktu kita becandaan antara teman2, untuk saling menjodohkan anak2 kita.
Kamu bilang : "Aku aja, aku ada 2 nih".
He2.....
Terus waktu aku bingung cari kos2an untuk Diani, kamu nawarin di rumahmu aja.

Waktu itu Diani, sms-an terus laporan pandangan mata.
Karena aku sungguh2 ga kebayang Jeruk Purut tuh dimana ?
Sms & telpon, dapat informasi dekat Kemang, dekat Antasari. Halaaaaah.
Aku udah mulai stres tuh.
Aku tuh kalau mau pergi ke suatu tempat biasanya lihat peta dulu.
Kamu tahu kan, waktu kita mau ke Hongkong-Macau itu, kamu khusus mempelajari Hongkong dan aku Macau.
Aku google-earth tuh yang namanya Macau.
Sampai hafal lokasi Senado, St.Peter's Ruin, Macau Island dan Taipa Island.
Rute taxi dan jalan kaki aja aku pelajari.
Waktu mau nengok ke RSCM sama juga. Aku pelajari peta Jakarta.
Karena harus menentukan meeting point dengan Diani.
Dia naik bis dari kos an di Kebayoran.
Lhaaaah ini, Ita nyupir, bari aku ga tahu ujungnya tuh sampai dimana.
Ga sanggup deh. Apalagi kejar2n dengan waktu. Takut ga ketemu Uwo & anak2.

Akhirnya kami ke jl. Bango aja deh. Nunggu Uwo & anak2 di sana.
Sms dari Diani : "Hiks2, aku sedih. Bayu nangis. Oom Uwo tegar.
Kata Danu, baru pertama kali ini aku adznin orang. Maksudnya kamu".
Alhamdulillah, anak2mu anak yang santun.
Semoga mereka selalu mendo'akan kamu yaaa Win.
Supaya jadi "lilin" yang menerangi perjalanmu itu.

Jam 4 baru kami ketemu mereka.
Kata Uwo, kamu pergi dipelukannya yaaa.
Kamu beruntung Win. Uwo tuh gemati banget ke kamu.
Sambil mbrebes mili, dia bilang, bahwa kamu menepati janji, hanya ajal yang memisahkan.
Aku ikut trenyuh tuh.

Kira2 jam 5 kami pamit untuk balik Bandung.
Lhaaaah Win, keluar dari Bango susah banget.
Kesasar-sasar sampai jl. Wijayakusuma segala.
Ada lah, jalan yang sama sampai 3 kali dilewatin.
Aku bilang ke Ita : "Ta, kayaknya tadi udah lewat sini deh".
Akhirnya ga tahu gimana, ujug2 kami udah njedul ke Cilandak.
Kata Ita sih dia kayak ditunjukkan oleh kamu gitu. Ga tahu deh ..........
Terus dengan entengnya dia bilang, nah sekarang mah udah bener jalan ke Bandung,
ga akan mungkin kesasar ke Anyer.
Eh, pas di km berapa gitu, jalannya bercabang, ke kiri ke Cikampek,
ke kanan ke Tanjung Priuk.
Kami ketawa2 : "Ati2 Ta, ambil kiri, nanti kalau di kanan, sampai Anyer beneran.
Gitu terus sepanjang jalan. Ntar di Cipularang.
"Ati2 Ta, ambil kiri, nanti kalau di kanan, kita sampai Cirebon".
Maklum dia tuh pertama kali nya Bandung-Jakarta pp.
Sampai2 Ferdy besoknya khusus sms aku.
"Kemarin sampai Jakarta jam berapa ?".

Gitu deh pengalaman tak terlupakan.
Yang pasti Allah SWT pasti sayang banget ke kamu.
Kami2 ini masih harus berjibaku beribadah dan beramal nih.
Aku akan kangen dengan tulisan2mu di blog ini.
Blog kamu sendiri "Inside the grey cells" (http://amamom7.multiply.com/)
gak akan pernah kamu update lagi deh.
Pokoknya nanti kami2 pasti nyusul.
Pastinya satu per satu.
Ga mungkin berangkat bareng lalu ngumpul di airport seperti Maret 2010 y.l.
Nanti kita ketemuan di perjalanan terakhir deh.

Udah yaaa.

C.U.
Hani



Posting Komentar

0 Komentar